BERANTAS HAMA, BABINSA DAN PETANI SEMPROT TANAMAN PADI

DATABICARA.COM, Musirawas – Babinsa 406-06 Tugu Mulyo tepatnya di Desa Mana Resmi, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musirawas, Provinsi Dumatera Selatan. Bantu warga melaksanakan pendampingan Upsus pada kelompok tani Desa Mana Resmi yang diketuai oleh Bapak Soleh guna penyemprotan penggerek Batang. Babinsa yang terjun Iangsung kesawah guna menyemprot hama padi milik salah satu anggota Kelompok Tani dengan tujuan agar tanaman padi dapat tumbuh subur serta dapat meningkatkan hasil panen dikemudian hari. Rabu, (17/07).

Dalam kegiatan tersebut Babinsa 406-06/Tugu Mulyo Kopda Taufik membenarkan, bahwa membantu petani adalah menanggulangi ancaman hama ulat dan wereng coklat. Disamping itu para petani dianjurkan untuk melaksanakan pengeringan sawah pada waktunya sehingga sebagai predator juga akan membantu para petani memangsa telor keong mas, wereng coklat, ulat penggerek batang (walang sangit) dan memangsa hama Iain.

“penyemprotan ini untuk mengantisipasi hama ulat pengulung daun maupun wereng, selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput ilalang yang bakal tumbuh di sekitar padi,” harap Babinsa.

Selain itu, Babinsa bersama kelompok tani juga lakukan sosialisasi untuk mengajak para petani proaktif menaggulangi serangan hama ulat pengulung daun maupun hama tanaman yang lainnya seperti tikus dan wereng sebagai antisipasi pengendalian hama menyerang tanaman padi.

Dalam kesempatan itu, Babinsa juga menghimbau kepada para petani untuk melakukan penyemprotan secara serentak guna mengendalikan serangan hama-hama.

Sumber : Pendim 0406/MLM.

Editor : Ebied Saputra.

Share this:

Related posts

Leave a Comment