Bijak Bermedia Sosial Di Tahun Politik

Oleh : Ahmad Oviko (Viko) / Leader dari Komunitas Ruang Inspirasi Kota Lubuklinggau

Kemajuan teknologi dan informasi sangat berkembang di hampir belahan di seluruh Dunia yang telah memberikan pengaruh signifikan pada kehidupan masyarakat.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih, media sosial bukan hanya sekedar wadah informasi tetapi kini sudah di manfaatkan masyarakat Indonesia di bidang Politik.

Apalagi, saat ini Indonesia bakal menggelar pemilihan presiden dan wakil presiden dan juga anggota legislatif secara langsung yang pasti akan menghangatkan kompetisi bahkan memanaskan dunia politik di tanah air.

Dalam momentum politik ini, Media Sosial menjadi senjata kampanye para Politisi. Media Sosial dimanfaatkan untuk Komunikasi, Mempromosikan diri, Sosialisasi, termasuk Informasi Partai untuk membangun Citra Partai.

Tetapi, perlu diwaspadai juga kepada Masyarakat Indonesia bahwa Media Sosial sering juga digunakan untuk menjatuhkan Elekstabilitas Pasangan Calon, Partai, maupun Calon Legislatif. Berbagai Provokasi disebarkan melalui Media Sosial, sehingga jika ada yang tidak tahu tentang Politik, berpotensi menjadi korban Ujaran Kebencian, Hoax, dan Provokasi.

Akibatnya, Kita masyarakat akan mengalami Perpecahan, saling membenci karena telah disusupi Ujaran Kebencian yang tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi. Maka kita sebagai Masyarakat yang aktif menggunakan Sosial Media harus Bijak Bermedia Sosial, kita juga harus memiliki tingkat ketelitian yang serius dalam menanggapi hal tersebut.
Apalagi, Informasi itu di sampaikan Melalui kanal Berita abal – abal tanpa di sertai Klasifikasi akan kebenaran berita yang beredar.

Sebagai Pengguna Media Sosial, kita harus bisa menyaring mana berita yang Benar dan Salah dengan mencari informasi secara detail terlebih dahulu. Sehingga, suasana politik tidak ternodai dengan Ujaran Kebencian, Hoax, dan Provokasi.

**)Tulisan Opini/Artikel ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi databicara.com

Share this:

Related posts

Leave a Comment