Dibalik Meriahnya Acara BERKAH Ada “Sokongan” Perdesa

DATABICARA.COM, Musirawas – Pemerintah Kabupaten Musirawas, Provinsi Sumatera Selatan Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) belum lama ini menggelar acara “Bersatu Kita Hebat” (BERKAH), dengan harapan program tersebut dapat mengoptimalkan kesiapan peran Aparatur Pemerintahan Desa dalam menyelenggarakan Pemerintahan, Pembangunan, Pembinaan kemasyarakatan dan Pemberdayaan masyarakat tingkat Desa, acara tersebut berlangsung di Desa Kali Bening kecamatan Tugumulyo Kamis 04 April 2019 lalu, berlangsung meriah. Sabtu (06/04).

Namun, Dibalik kegiatan yang cukup meriah tersebut peserta Pelatihan Aparatur Pemerintah Desa Dalam Bidang Manajemen Pemerintahan Desa (APDDBM Pemdes) meliputi Kepala Desa, BPD, Perangkat Desa dan Ketua TP-PKK Desa, tersimpan berbagai keunikan salah satunya yakni berupa “Sokongan”.

Informasi dihimpun, Kegiatan Bersatu Kita Hebat (BERKAH) tersebut sudah berjalan selain Kecamatan Tugumulyo yakni Kecamatan Sumberharta, Menurut keterangan Kepala Desa (Kades) yang minta namanya dirahasiakan dalam acara tersebut pihaknya diminta oleh pihak kecamatan untuk mengumpulkan uang senilai Rp.2.000.000.- per Desa guna pelaksanaan acara BERKAH tersebut, “Benar kami sokongan Rp.2 juta perdesa dan langsung diserahkan pada pihak Kecamatan”. ucapnya saat menghadiri acara tersebut.

Camat Kecamatan Tugumulyo Irwansyah melalui hendpone nya juga membenarkan bahwa dalam kegiatan BERKAH ada pengambilan uang sebesar Rp.2.000.000.- per Desa, itu pun bagi Desa yang mengikuti pelatihan saja, ditegaskan Camat, Keinginan pengambilan uang tersebut bukan kehendak pihaknya melainkan Dinas PMD Musirawas.

“Memang benar bahwa uang tersebut di ambil dari Desa, tapi perlu digaris bawahi itu berdasarkan intruksi dari Dinas PMD Musirawas” Akui Camat pada awak media pada Jum’at 5 April 2019.

Lebih lanjut dijelaskan Camat, Tanpa pihaknya menjalankan kehendak pihak Dinas PMD  Acara BERKAH tersebut belum akan berlangsung, sebab kegunaan uang sudah terarah dari biaya makan dan minum hingga kelainya.

“Karena tanpa uang dari Desa acara tidak bisa dilaksanakan adapun kegunaan uang untuk umbul, makan minum dan uang transport peserta, kalau ingin lebih jelas silakan tanyakan ke Dinas PMD dan kegiatan itupun dikelolah oleh dua (2) Kecamatan berbentuk panitia”. Urai Camat Tugumulyo sembari menyarankan agar awak media konfirmasi ke Dinas PMD.

Secara terpisah saat diwawancarai Camat Kecamatan Sumberharta Sutarmin melalui Kasi PMD Kecamatan yang tidak menyebutkan namnya mengatakan uang hasil dari Desa-desa di Kecamatannya sudah ia serahkan kepada pihak Kecamatan Tugumulyo, sebab pengelolaannya satu (1) pintu.

“Kami serahkan langsung ke pihak kecamatan Tugumulyo, ketua panitianya Sekcam Kecamatan Tugumulyo, tidak dikelola oleh kami (kecamatan sumberharta)”. katanya.

Sementara itu, saat hendak mewawancarai Kepala Dinas PMD Musirawas Mefta Joni belum dapat ditemui. hingga berita ditayangkan. (Ebied s).

  • 71
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Comment