Guru Tamu Mengajarkan Servis AC Mobil di SMKN 1 Bontang

DATABICARA.COM, Bontang- Rabu, (29/8/2018) di workshop SMKN 1 Bontang yang menjadi agenda tahunan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) bekerjasama dengan pihak eksternal Bengkel Totok Mandiri AC Mobil.

Menjadi arasumber, yakni pemilik bengkel langsung, Suharto sapaan Totok yang menyampaikan materi dengan jelas dan menyenangkan. Para siswa sejumlah 29 orang semangat menerima pelajaran dari guru tamu yang ahli di bidangnya dan memiliki bengkel AC mobil yang cukup dikenal di Bontang.

“Kami sangat bangga mendapat undangan guru tamu ini sekaligus ladang amal jariah kami membagi ilmu kepada siswa-siswi SMK Negeri 1 Bontang yang terkenal di kota ini,” ucap Totok.

Adapun materi praktek langsung diberikan dengan waktu hanya sampai jam 12.00 maka yang diberikan juga langsung kepada inti praktek servis AC mobil, yaitu menelusuri komponen AC mobil langsung kepada dua unit mobil bantuan dari Jerman semua merk Toyota Avansa dan Inova terbaru dan sekaligus memberikan praktek mengukuran tekanan dan pengisian freon.

“Yang sebelumnya pengenalan komponen AC mobil menggunakan panel peraga sistem AC,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Sekolah Kasman Purba menyampaikan bahwa program guru tamu merupakan program tetap SMKN 1 Bontang sebagai salah satu wadah mendekatkan/menyelaraskan kompetensi yang dimiliki oleh siswa SMKN 1 Bontang dengan kompetensi yang diperlukan oleh dunia usaha/dunia industri.

“Penyelarasan kompetensi semacam ini tidak terbatas pada kompetensi Sistem AC saja. Saya juga mendorong teman-teman guru yang lain, melakukan hal serupa, dengan mengundang guru tamu dari dunia usaha / dunia industri yang relevan,” tambahnya.

“Kami siswa TKR kelas XII sangat berterima kasih kepada guru tamu yang sudah dengan senang hati mengajarin kami tentang sistem AC dan kami mudah memahami dan tadi juga kami banyak bertanya dan semua dijawab dan membuat kami semakin paham pelajaran ini,” timpal salah satu siswa, Arjun.

Sedangkan dari guru mata pelajaran sendiri, Lestariady menjelaskan, kegiatan ini bagus karena siswa bisa tahu langsung letak komponen-komponen AC pada mobil mulai dari cara kerja awal proses sampai menghasilkan udara yang sejuk mulai 28 derajat sampai 16 derajat sesuai dengan yang diinginkan pengemudi maupun penumpang.

Selaku guru Mapel, Anugrah pun turut mendampingi pihak sekolah diwakilkan Amira selaku Humas sekolah yang membuka kegiatan.

“Kegiatan ini diharapkan bisa berkesinambungan dan pihak eksternal siap selalu membagikan ilmu dan bekerja sama dengan pihak sekolah kami sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih dari Kepala Sekolah atas kesediaan pihak Totok Mandiri AC mobil, karena berkenan membagi ilmu pengetahuan kepada siswa kami (SMK Negeri 1 Bontang),” tutupnya. (An)

Share this:

Related posts

Leave a Comment