Kota Bontang Mengelar Diklat Standarisasi Guru Al-Qur’an Metode Tilawati

DATABICARA.COM, Bontang -November 10. 2018Bertempat aula masjid baiturrahman. dengan lembaga PT. KNI, Pupuk Kaltim, Yayasan Baiturrahman, Yayasan Pondok Pesantren Nurul Iman. SMK IT Bani Abdurrahman , Lembaga Amil Zakat, Badan Komunikasi, dan Baznas .sekota Bontang bersama intruktur dari kota Balik Papan. Tenggarong. Samarinda. sanggatta. Dan dari Kota Bontang

Untuk kelangsungan kelancaran acara tersebut di buka oleh Bapak Zainudin .seharusnya di buka oleh Wakil Walikota akan tetapi tidak bisa hadir di karenakan ada upacara hari pahlawan 10 November 2018. tetapi Walikota Bontang  tetap hadir pada pertengahan acara.

Mendiklat standarisasi di kota bontang ini sudah ketiga kalinya yang pertama dan kedua itu bertempat di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Iman. Namun pada ketiga ini meningkat 80% dari banyaknya diklat kesatu dan kedua. Peserta yang mengikuti Diklat  Standarisasi Guru Al-Qur’an Mencapai 127 pada hari pertama. Dan pada hari kedua 124.

Dalam acara pelatihan ini guru- guru didik oleh instruktur untuk mengetahui bagai cara mendidik anak- anak santri dengan motode tilawati. Pemateri penyampain ada lima jilid tilawati, penambahan buku penilain dan buku paud.

Pada hari kedua pada tanggal 11 November 2018. guru- guru di tes munaqosyah dan tes mengajar. Hasil dari pengetesan yang lulus hanya 9 guru dan yg tidak lulus sekitar 115 guru. Rata” semuanya mengajar tilawati jilid 5 kebawah dalam pengertian untuk mengajaran anak- anak santrinya. Yang lulus akan bersya hadah di berikabar melalui whatshap nanti kata ujarnya dari instruktur.

Pada acara tersebut salah satu guru menyampaikan bahwa pelatihan tilawati ini sangat bermanfaat .karena telah mengetahui menegemen yang tersusun secara berpresiaonal di metodenya.

pengajaran motede tilawati ini kita bisa mengetahui bagaimana anak-anak santri tidak ribut dan bisa konsentrasi. Pada anak umur 4 tahun juga sudah bisa belajar tilawati ini. Target metode ini 1 tahun setengah sudah hatam tilawati dari jilid satu samapai jilid lima dan 1 tahun setengah lagi sudah hatam al-qur’an sehingga motede ini bener- bener di desain agar agar bisa di pahami dan tidak membosankan sangat bermanfaat bagi anak- anak santri.

Penutupan acara ketua panitai menyampaikan beribu -ribu trimakasih atas kerja samanya bapak ibu guru yang telah hadir. Dan dari pihak bapak ibu guru menyampaikan pesan kesan. Kesannya sangat bertrimakasih kepada panitia dan instruktur yang telah membagi ilmu dan memberikan pelayanan dan pesan nya janganlah saling tersinggung antar suku karena yang ikut merupakan gabungan dari beberapa suku.

( Ade Dwi Cahyono )

Share this:

Related posts

Leave a Comment