Masa Pendaftaran Caleg Masa Pengamatan

Oleh : Ariful Amin

Selamat siang sahabat….
Saat ini masa masa pendaftaran caleg, dalam karir politik tentu masa-masa ini adalah saat yang ditunggu. Saat pembuktian dan eksestensi dimana kendaraan dititi. Berbagai macam pula motivasi untuk ikut kompetisi, tapi ada juga hanya ajang coba-coba. Coba-coba keberuntungan, coba coba merasakan bagaimana kompetisi dalam ajang pemilihan legislatif serta belajar atau cari pengalaman. Semua sah-sah saja dan tentu punya dasar argumen yang kuat.

Secara ideal terlepas dengan ajang coba-coba diatas, mendaftar caleg adalah mendaftar untuk menjadi wakil dari rakyat atau konstituen. Menjadi wakil berarti adalah sanggup mengabdi untuk yang diwakili. Komisarisnya adalah rakyat dan memberikan amanahnya ke dewan terpilih. Untuk mengabdi dan menjadi pelayan dari rakyat, tentu harusnya sudah pada posisi tidak lagi membutuhkan hal yang bersifat materi. Apalagi, masih memikirkan kebutuhan hidup sehari-hari. Dewan dengan tugas utama yakni Legislasi, Budgetting, Controlling, sangat rentan bila masih bertolak dari ekonomi yang tidak mapan. Walau tidak menjadi jaminan yang mapan tidak serakah.

Untuk itu track record menjadi penting, apakah selama ini kategori sosok yang mempunyai integritas dan komitmen terhadap perjuangan perbaikan kondisi bangsa atau masyarakat sekelilingnya. Bila track record jelas, selanjutnya apakah mewakili dari sebuah Partai yang konsisten pula terhadap perjuangan perbaikan bangsa. Sebab, ikan yang baik akan mati pula bila salah masuk di kolam yang kotor. Politisi baik tidak akan maksimal perjuanganya bila bernaung di Partai yang bersifat hanya mengejar kekuasaan.

Kekonsistenan politisi diuji pula saat ini, apakah hanya sekedar mencari kendaraan tumpangan dan loncat kesana kemari tanpa melihat kendaraan yang ditumpangi jenis apa. Sebab, Partai Politik sebagai kendaraan juga beragam jenis. Ada yang berbody mobil mewah tapi bermesin mobil angkutan, adapula berjenis mobil sport yang siap melaju membawa politisi. Sebagai rakyat dan komisaris saat ini perlu melihat dengan cermat para kandidat yang mencalonkan diri sebagai wakil kita.

Sebagai pribadi saya juga mengucapkan terimakasih kepada para sahabat atas tawaran kendaraan kepada saya dan istri Yulia Ananda, ada 4 Partai yang memberi tawaran untuk maju pada konstestasi kali ini, namun dengan pertimbangan berbagai hal tawaran tersebut kami lepaskan karena pula kami merasa belum pantas untuk menjadi wakil walau masih tahap pemilihan. Kami ucapkan terimakasih kesempatanya. Semoga kedepan lebih baik dan siap untuk ikut kompetisi.

Share this:

Related posts

Leave a Comment