Pungli BLT, Polres Musirawas Ringkus Dua Perangkat Desa 

DATABICARA.COM, Musirawas – Dua Perangkat Desa, Kepala Dusun (Kadus) dan Anggota BPD, Desa Banpres, Kecamatan Tua Negeri, Kabupaten Musirawas, Provinsi Sumatera Selatan. Diringkus Unit Saber Pungli dan Tipidkor Sat Reskrim Polres Musirawas.

Kedua perangkat adalah Ahmad Mudori (33) status Kepala Dusun (Kadus) 1, dan Efendi (40) salah satu anggota BPD Desa Banpres. Mereka ditangkap karena melakukan pemotongan dana bantuan langaung tunai (BLT) Dana Desa untuk beberapa warga.

Kapolres Musirawas, AKBP Efrannedy SIK MH, membenarkan telah menangkap dua orang pelaku pungli BLT – DD tahun 2020, Peristiwa itu bermula saat penyaluran BLT DD kepada 91 kepala keluarga di desa itu, Kamis (21/5/2020), Masing-masing warga menerima uang sebesar Rp600.-/KK /bulan sesuai dengan aturan Pemerintah.

Dan setelah menyalurkan bantuan, kedua pelaku kembali mendatangi 23 kepala keluarga (KK) penerima BLT DD yang berada di dusun 1 yang merupakan wilayah wewenang atau tanggung jawab kedua pelaku, Lalu Kedua pelaku itu memintai uang kepada para korban sebanyak Rp200.- ribu /KK.

“Dipotong sebesar Rp.200.- /KK, Namun yang terkumpul hanya dari 18 warga dengan total Rp.3.600.-“. ungkapnya.

Setelah menerima Laporan dari masyarakat, unit Saberpungli dan Tipidkor Sat Reskrim polres Musi Rawas melakukan penyelidikan dan pengumpulan dokumen dan keterangan serta melakukan pemeriksaan saksi-saksi.

Kemudian dilakukan gelar perkara dan ditemukan dua alat bukti yang cukup, sehingga penyidik melakukan pemanggilan terhadap kedua tersangka untuk selanjutnya dimintai keterangan dan ditetapkan sebagai tersangka.

“Barang bukti berupa arsip berkas APBDesa Perubahan Tahun 2020, arsip musyawarah desa, SK pengangkatan anggota BPD dan Kadus, bukti tanda terima gaji dari ADD, dan uang hasil pungli”. tutupnya. (Joni F).

Share this:

Related posts

Leave a Comment