Selama Ramadhan, Polres Lubuklinggau Targetkan 2000 Tilang

DATABICARA.COM, Lubuklinggau – Pengguna sepeda motor di Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, pada bulan suci Ramadhan 1440 H, semakin meningkat dan  menjadi pethatian jajaran Polantas Polres Lubuklinggau. Rabu (08/05).

Hal ini sebagaimana hasil mapping yang dilakukan oleh Polres Lubuklinggau dibawah Pimpinan Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono, SIK, MH. Melalui keterangan Persnya pada 7 Mei 2019 Kasat Lantas Polres Lubuklinggau AKP Imanuhadi, SIK menjelaskan bahwa benar saat ramadhan ini banyak masyarakat yang menggunakan sepeda motor khususnya menjelang berbuka puasa atau dikenal dengan istilah ngabuburit.

“Sebagaimana petunjuk Kapolres, Kami Polantas di Lubuklinggau akan menfokuskan penindakan terhadap pelanggaran kasat mata yaitu terkait penggunaan Helm SNI” ujarnya.

Dilanjutkan Kasat, selain untuk menertibkan kota lubuklinggau, penindakan penggunaan Helm SNI ini bertujuan untuk mengurangi fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

“Hasil anatomi kasus kecelakaan lalu lintas di triwulan 1 tahun 2019 ini, banyak sekali pengendara sepeda motor yang meninggal dunia akibat tidak menggunakan Helm SNI, oleh karena itu kami tidak boleh tinggal diam dan harus ekstra dalam memberikan pendidikan berlalu lintas kepada masyarakat, kami sudah mensosialisasikan kewajiban penggunaan helm SNI, namun sepertinya masih banyak terlihat pengguna sepeda motor yang enggan menggunakan helm SNI, untuk itu saat ini kita lakukan tindakan berupa Tilang” ujar kasat.

Kemudian terkait tertibnya masyarakat dalam menggunakan helm, Pihak Polres Lubuklinggau telah membagi beberapa Tim yang dipimpin para Perwira yang akan melakukan penindakan dengan Tilang, baik pagi, siang, sore, malam hingga ke subuh hari.

“Oleh karena itu masyarakat jangan kaget dengan akan banyaknya Polisi digelar di lapangan, kami targetkan 2000 tilang di bulan puasa ini, hal ini kami laksanakan semata-mata untuk menertibkan dan membiasakan masyarakat pengguna sepeda motor di lubuklinggau untuk kembali menggunakan helm SNI sehingga iutcomenya nanti akan berkurangnya korban kematian akibat kecelakaan Lalu lintas” himbau kasat. (Red).

Share this:

Related posts

Leave a Comment