Terkait Kelola Dana Desa  Di Duga Kades Tak Transfaran 

DATABICARA.COM,Musi Rawas-Kepala Desa Suka Maju Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas diduga tidak transfransan dalam mengelola keuangan desa yang akan digunakan untuk membangun desa.
Hal itu diungkapkan Kasi Perencanaan Desa Suka Maju Komala Sari saat di temui wartawan Databicara.com, selasa (31/10) sekitar pukul 09.00 wib menjelaskan bahwa sejak diri menjabat di desa suka maju tidak pernah tau anggaran apa yang digunakan oleh Kepala Desa untuk membangun Desa.
“Saya tidak tau pak anggaran yang digunakan untuk membangun seluruh infrastruktur desa yang kami tau kami di rapatkan diberitahui bahwa akan dibangun gedung misalnya Paud, ataupun Bedah Rumah nah soal anggaran yang digunakan apakah pakai anggaran Dana Desa atau bantuan lainnya kami tidak tau,”ungkapnya.
Ia juga mengatakan bahwa selama pihaknya  bekerja di Desa Suka Maju bekerja sesuai perintah kepala desa saja seperti menulis meninjau apa yang akan di bangun atau yang sedang dibangun.
“Tugas kami datang apa yang bisa dikerjakan ya dikerjakan habis itu kami terima gaji tiap bulannya kalau soal anggaran tidak tau sama sekali,biar lebih jelas silakan tanya langsung ke kades,”tuturnya.
Hal senada juga diungkapkan Supriono Anggota BPD bidang keagamaan Desa Suka Maju saat tim data bicara temui benar bahwa pihaknya tidak mengetahui anggaran mana yang digunakan untuk bangun gedung maupun infrastruktur sebab selama ini kepala desa hanya menjelaskan jenis bangunanan saja kalau soal anggaran tidak pernah dijelaskan.
“Saya sama sekali tidak tau anggaran yang digunakan yang saya tau itu ada bangunan yang akan di bangun sesuai hasil musywarah bersama kepala desa kalau soal dana kita tidak tau dana apa yang dipakai,”jelasnya.
Di katakanya lagi ”  bahwa sejauh ini yang ia ketahui di desanya banyak sekali bangunan baru baik itu jalan setapak,paud maupun bedah rumah .
“Jumlahnya saja saya kurang tau apa yang dibangun seperti beda rumah kami kurang tau berapa jumlahnya yang kami tau anggarannya tiap rumah kalau tidak salah Rp 15 juta,” ujarnya.
Terpisah Kepala Desa Suka Maju saat tim data bicara temui selama dua hari berturut tidak ada ditempat dan saat ditemui dirumahnya salah seorang penjaga rumah yang enggan di sebutkan namanya sedang berada di Kabupaten Muara enim .
“Bu kadesnya lagi pegi Ke Muara Enim tidak tau apa acara yang kami tau dia mau buka acara mungkin ngundang ,” tutupnya.(Joni Farles / Zaini )
  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Comment