Upacara SMK Negeri 2 Balikpapan Heboh Dengan Kedatangan Para Alumni

DATABICARA.COM, Balikpapan- Tanggal 24 Agustus merupakan hari istimewa bagi SMK Negeri 2 Balikpapan, sebab tanggal tersebut merupakan tonggak awal berdirinya SMK Negeri 2 Balikpapan.

Sekolah yang berdiri megah di Jalan Indrakila 3 Balikpapan dan telah meluluskan puluhan ribu siswa, merupakan salah satu sekolah favorit di kota Balikpapan. Sejarah berdirinya sekolah tersebut, berawal ide atas prakarsa HBPM yang diketuai oleh Bapak H. Syahruni Hasbullah yang merupakan Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kodya Balikpapan.

Kemeriahan Acara

Pada Tanggal 24 Agustus 1964 berdirilah sekolah dengan nama SMEA Dwikora, dan pada tanggal 1 April 1966 berganti nama menjadi SMEA Balikpapan, kemudian 29 Agustus 1972 berubah kembali menjadi SMEA Negeri Balikpapan. Perubahan nama berlanjut pada tanggal 30 Desember 1981 menjadi SMEA Negeri 1 Balikpapan yang akhirnya pada tahun 1997 menjadi SMK Negeri 2 Balikpapan.

Pada hari ulang tahunya seperti biasa agenda setiap ulang tahun melaksanakan upacara. Namun, upacara terlihat sepesial dengan hadirnya para alumni yang tergabung pada organisasi IASTU (Ikatan Alumni SMEA 1) yang merupakan wadah alumni dari tahun 1967 Sampai sekarang. Petugas upacara dilaksanakan oleh para alumni dan siswa SMK Negeri 2 Balikpapan. Yang bertindak sebagai pembina upacara yakni Dra. Mas’at Ali M.Pd yang merupakan alumni angkatan 1979.

Dalam amanatnya, pembina upacara menekankan pentingnya menjaga kebersamaan dan saling mengisi antar komponen disekolah, dalam rangka mencapai tujuan yakni semakin berprestasi anak didik disekolah. Alumni siap terus membantu siswa yang akan melaksanakan PKL (Pendidikan Kerja Lapangan), mengingat alumni berada diberbagai posisi baik di pemerintahan maupun swasta.

Pada kesempatan lain, di keterangan Pers Ariful Amin alumni angkatan 1992 yang merupakan pengurus harian IASTU juga menyampaikan, IASTU merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SMK Negeri 2 Balikpapan. IASTU bagian dari solusi bukan menjadi beban dalam pengembangan pendidikan di almamater nya.

Oleh karenanya, wajar bila anggota IASTU sangat bersemangat mengikuti upacara di hari ulang tahun sekolah. Ariful Amin juga menambahkan, kehadiran anggota IASTU dan membuat heboh adalah, dalam rangka menanamkan kebanggaan kepada adik adiknya terhadap sekolah.

“Dengan demikian diharapkan setelah lulus dan sukses dapat berkontribusi kembali ke sekolahnya,” kata dia.

Upacara HUT SMK Negeri 2 yang ke 54 ditutup dengan pemotongan tumpeng dari Alumni yang diwakili oleh Drs. H Suriansyah alumni angkatan 1973 yang diserahkan kepada PLH kepala sekolah SMK Negeri 2 Edy Widodo S.Pd dan selanjutnya diserahkan kepada ketua OSIS dengan harapan penerus peran IASTU yang akan datang.

“Rangkaian ulang tahun SMK Negeri 2 juga diisi kegiatan sosial oleh anggota IASTU anjangsana ke kediaman guru purna bakti, dan akan ditutup dengan jalan sehat hari minggu tanggal 26 Agustus 2018, dihimbau para alumni dapat hadir disekolah,” pungkas Ariful Amin. (Anugrah)

Share this:

Related posts

Leave a Comment