Upaya Cegah Covid-19, Camat Purwodadi Turun Kejalan Sosialisasikan Hidup Bersih

Databicara.com Musirawas – Guna mencegah penyebaran Covid-19 serta meneruskan hasil rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Camat Purwodadi, Irwansyah, turun ke jalan untuk memberikan himbauan serta sosialisasi mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terhadap masyarakat Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Rabu, (25/03).

Aksi turun ke jalan tersebut diikuti oleh tim Kecamatan Purwodadi, unsur Muspida, Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta pihak dari Puskesmas O Mangun Harjo.

Irwansyah, menjelaskan kegiatan ini merupakan upaya kita untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19, dimana disini kita memberikan himbauan, sosialisasi dan juga selebaran brosur kepada setiap warga untuk melakukan PHBS agar terhindar dari covid-19.

“Hari ini kita berkeliling di setiap desa dan bahkan masuk ke pelosok-pelosok desa untuk memberikan himbauan tersebut, guna pencegahan penyebaran Covid-19”, kata Irwansyah, kepada awak media, Selasa, 24 maret 2020.

Dijelaskan, maksud dari PHBS itu sendiri merupakan sosialisasi terhadap warga untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, seperti rutin mencuci tangan setiap setelah melakukan aktivitas maupun setelah kontak fisik terhadap orang lain, membersihkan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan selokan agar tidak menjadi sarang nyamuk dan yang lainnya.

Tidak hanya itu, lanjut Irwasyah, kita juga selalu memberikan informasi dan penyuluhan terhadap warga melalui via grup WhatsApp yang dibagikan kepada setiap Kepala Desa (Kades) dan Lurah, dan informasi tersebut agar dilanjutkan kepada setiap warga melalui corong-corong di masjid.

Dikatakan, setelah melakukan aksi turun kejalan, untuk tindakan kedepan pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk melakukan penyemprotan Disinfektan di setiap desa dengan cara mandiri.

“Nanti, cairan untuk penyemprotan disinfektan itu akan kita bagikan kepada setiap warga, lalu mereka sendiri yang melakukan penyemprotan untuk daerah lingkungan masing-masing”, ujarnya.

Irwansyah berharap, semoga dengan adanya usaha yang telah dilakukan serta kerja sama samyarakat, covid-19 tidak ada penyebarannya di daerah Mura khusunya Kecamatan Purwodadi dengan cara kita melakukan pola hidup bersih dan sehat. (Zaini).

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Comment